Hindari Kesalahan Yang Biasa DiLakukan Saat Meminum Air

Hindari 5 Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Saat  Meminum Air
infoharian.com - Air adalah sesuatu yang tidak bisa lepas dari kebutuhan makhluk hidup, termasuk kita sebagai manusia Mungkin kebanyakan orang  sudah sering mendengar tentang saran minum air minimal 8 gelas atau 2 liter setiap hari. Ternyata, banyak orang yang salah memahami anjuran minum air putih. Cara yang mereka lakukan dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh ternyata masih banyak yang perlu di perbaiki. Secara tidak sadar kesalahan yang biasa kita lakukan dapat mengganggu kesehatan. Apasajakah kesalahan yang biasa kita lakukakan dalam meminum air? Berikut kesalahan yang biasa dilakukan dalam meminum air.
  

1. Minum Saat Olahraga Bukan Sebelumnya


Kesalahan yang pertama dalam mengonsumsi air putih adalah saat melakukan olahraga, banyak orang yang meminum air putih pada saat olahraga berlangsung. Padahal cara yang benar adalah meminum air harus dilakukan pada saat sebelum memulai olahraga, dan setelah olahraga. Sebab apabila Anda tidak mengawali olahraga dengan meminum air terlebih dahulu, Anda akan kekurangan cairan pada saat melakukan olahraga. Kalaupun pada saat berolahraga Anda meminum air sebanyak mungkin, Anda akan tetap merasa lelah, pusing dan lemas. Hal ini karena tubuh dipaksa mengeluarkan banyak keringat, sementara tidak dibarengi dengan tambahan pasokan air.
 

2. Minum Air Tidak Sesuai Kebutuhan


Kesalahan dalam memaksakan minum air sebanyak 8 gelas atau dua liter perharinya. memang kita dianjurkan minum air 8 gelas atau dua liter perharinya, akan tetapi kebutuhan tersebut merupakan ukuran standar kebutuhan orang normal. Munurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Institute of Medicine American kebutuhan meminum air normal orang dewasa adalah sebanyak 11,4 cangkir perharinya. Dan hal ini tidak menetap untuk semua orang akan tetapi sesuai dengan ukuran tubuh seseorang dan aktivitas yang dilakukan perharinya dan juga makanan yang dikonsumsinya. Tanpa minum air kita akan kekurangan cairan tubuh, akan tetapi ketika minum air berlebihan maka  dampak buruk terjadi, seperti perut kembung dan sebagainya.

3. Frekuensi Minum Tak Menentu


Cara selanjutnya adalah minum air tak menentu, biasakan minum air secara teratur jangan hanya minum air saat haus datang, walaupun anda hanya duduk dan beraktivitas di dalam ruangan yang da AC nya anda harus tetap minum walaupun tidak haus sebab tubuh secara otomatis bekerja dalam keadaan apapun itu. Organ dalam tubuh memerlukan air untuk melancarkan peredaran darah, jika anda tidak minum karena di sebabkan tidak haus maka darah akan sulit mengalir keseluruh tubuh, sehingga mengakibatkan resiko berbagai penyakit sperti penyakit gagal ginjal dan infeksi pada saluran kemih. Cara menghindari hal ini terjadi minumlah air secara teratur.

4. Menghindari Minum Teh dan Kopi


Kesalahan selanjutnya menghindari minum the dan kopi, sebagian orang percaya bahwa minum teh dan kopi dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi, teh dan kopi memang mengandung kafein untuk menghilangkan cairan pada tubuh. Seorang pakar diet dari New York yaitu Lisa Cashman RD. Jelas orang yang suka meminum kopi dan teh masih lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang tidak meminum apapun. Selama masih dalam batas normal dan wajar, minum kopi masih diperbolehkan maksimal 2 gelas perhari.

5. Tidak Minum Air Sebelum Tidur


Cara yang salah dilakukan selanjutnya adalah tidak minum air sebelum tidur, mereka yang menghindari minum air sebelum tidur karena khawatir bangun tengah malam untuk membuang air, padahal ahli kesehatan menganjurkan minum air sebelum tidur karena saat kita terlelap, tukan akan bekerja mengeluarkan racun-racun yang ada pada aliran darah secara tidak sengaja. dalam hal pembersihan tubuh memerlukan air untuk mengeluarkan racun yang ada pada tubuh. Untuk itu usahakan minum air segelas sebelum tidur.

0 Response to "Hindari Kesalahan Yang Biasa DiLakukan Saat Meminum Air"

Post a Comment