Waspada!!! Bahaya Bagi Kesehatan Tidur Dekat Handphone

menghindari bahaya bagi kesehatan tidur dekat handphone
Infoharian.com - Handphone merupakan alat canggih yang digunakan oleh semua orang untuk berkomunikasi jarak jauh yang bisa membantu komunikasi dengan sesama pengguna. Dengan perkembangan zaman handphone sekarang sudah bisa mengirim pesan suara, video call dan lain sebaginya. Benda satu ini hamper semua orang sudah memilikinya dan yang pastinya di bawa kemana-mana dalan keadaan apapun itu termasuk saat tidur. Kebiasaan membawa handphone saat tidur merupakan kebiasaan  yang sangat sering dilakukan oelh siapa saja. Padahal tahukah anda bahwa radiasi pada handphone itu berbahaya bagi kesehatan. Apalagi pada saat tidur, radiasi yang di keluarkan handpone bisa menggangu kepuasan tidur.

Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan, semua jenis ponsel dengan berbagai macam tipe apapun. Ponsel mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Selain itu, pada saat kita tertidur tubuh memiliki kemampuan untuk mendeteksi kerusakan sel-sel tubuh dan memperbaikinya. Sementara keberadaan Handphone yang mengeluarkan radiasi saat tidur dapat mengganggu konsentrasi tubuh dalam melakukan tugasnya tersebut. Lebih lanjut berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh MIT (Institut Teknologi Massachusetts) menyebutkan bahwa radiasi ponsel genggam dapat mempengaruhi sistem stres seseorang. Memainkan handphone sebelum tidur dapat membuat anda semakin lama untuk bisa tidur nyenyak. Dan hal ini akan berdampak pada tingkat kemempuan seseorang saat terbangun, dan bisa membuat emosi seseorang tidak stabil sepanjang waktu. Nah disini akan memberikan cara mengurangi pengaruh buruk ponsel terhadap kesehatan, berikut caranya:

1. Jauhkan Handphone


Cara pertama mengurangi dampak buruk pada ponsel adalah jauhkan handphone dari anda pada saat tidur itu bisa mengurangi pengaruh buruk terjadi pada anda. Dan anda bisa meletakkan handphone anda di dalam kotak itu bisa mengurangi radiasi. Bila perlu letakkan handphone anda di lemari agar mencegah terjadinya dampak buruk pada anda.

3. Airplane Mode


Cara yang beriktnya mengurangi pengaruh radiasi pada handphone adalah dengan mengubah sejenak pengaturan handphone anda ke airplane mode. Bila anda memerlukan alrm maka hal ini bisa membantu anda untuk mengurangi radiasi pada ponsel anda. Dengan begitu bisa mengurangi dampak yang terpancar kedalam tubuh anda.

4. Mengubah Kebiasaan Buruk


Pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati , hal ini berkaitan dengan cara yang satu ini mengubah kebiasaan buruk anda membawa ponsel  saat tidur, karena itu bisa membahayakan kesehatan anda, cobalah sedikit demi sedikit mengubah kebiasaan buruk membawa ponsel saat tidur, bila anda tidak mencobanya maka akan timbul nantinya gejala yang tidak diinginkan.

Kebiasaan meletakan handphone di dekat kepala cenderung lebih banyak dilakukan oleh mereka yang berusia anak-anak hingga remaja, sebab pada usia tersebut mereka sedang dalam masa kecanduan terhadap gadget. Hal tersebut dapat berakibat akan resiko perubahan kepribadian semakin tinggi, munculnya gejala-gejala yang sekilas mirip dengan ADHD. Juga semakin meningkatnya angka penderita depresi pada anak-anak dan remaja. Hal ini sangat di anjurkan sekali bagi orang tua yang anaknya kecanduaan main handphone dan bisa merubah kebiasaannya dan mencari aktivitas yang bermanfaat bagi anak.



0 Response to "Waspada!!! Bahaya Bagi Kesehatan Tidur Dekat Handphone"

Post a Comment