Mengenal Kecerdasan Manusia Selain IQ

Mengenal Kecerdasan Manusia Selain IQ
Gambar Dari ( lampung.tribunnews.com )
Seorang manusia dikatakan cerdas karena IQ yang tinggi. Sebenarnya seseorang dikatakan cerdas bukan hanya karena IQ tinggi melainkan masih banyak kecerdasan lainnya yang dimiliki setiap orang. Mau tau apa saja kecerdasan itu ?berikut penjelasannya

Kecerdasaa Linguistik


kecerdasan linguistik atau biasa di sebut kecerdasan berbahasa. Pada kecerdasan ini seseorang mampu untuk mengolah kata-kata, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan serta mampu mengartikan tulisan dengan jelas. Hal yang biasa di lakukannya adalah membaca, mengisi TTS, bermain scrabel. Biasanya profesi yang dimiliki seorang yang mempunyai kecerdasan linguistic adalah penyiar, jurnalis, dan pengacara.

Kecerdasan Matematis dan Logika


Kecerdasan matematis dan logika biasanya di sebut kecerdasan mengolah angka dan logika atau menggunakan penalaran yang baik. orang yang mempunyai kecerdasan ini biasanya mereka mampu membuat hipotesa dengan baik, klasifikasi, dan menganalisa sebab akibat. Beberapa pekerjaan yang biasanya dimiliki orang yang mempunyai kecerdasan ini adalah akuntan, programmer dan menjadi ilmuwan.

Kecerdasan Interpersonal


Kecerdasaan interpersonal yaitu mudah memahami dan peka terhadap perasaan orang lain, motivasi dan watak orang lain. mereka mampu menghadapai dan mendorong orang lain dengan baik. pekerjaan yang yang biasa dimiliki orang yang mempunyai kecerdasan interpersonal adalah psikolg, negosiator, dan guru.

Keceradasan Intrapersonal


Kecerdasan intrapersonal yaitu mempu mengenal dan memahami diri sendiri, biasanya orang yang mempunyai kecerdasan intrapersonal mereka lebih suka mengerjakan sesuatu iti sendirian, dan mereka bersikap cuek dan mengintropeksi diri sendiri dan mengetahui kemampuan dan kelemehan yang ada dalam diri mereka yang mempunyai kecerdasan intrapersonal ini.

Kecerdasan Musikal


Kecerdasan musikal ini yaitu mampu membuat seseorang menikmati, mengembangkan, dam mengeksperesikan musik dan suara. Biasanya orang yang mempunyai kecerdasan musikal suka bersiul, mampu menghafal nada dengan cepat dan gemar melakukan sesuatu dengan bernyanyi. Pekerjaan yang di miliki orang yang mempunyai kecerdasan musical adalah penyanyi, pemain alat music atau pencipta lagu.

Kecerdasan Naturalis


Kecerdasan naturalis adalah kecerdasan yang biasa di sebut mampu memahami alam, memanfaatkan alam secara produktif, serta mampu mengelola alam dengan pengetahuan yang dimilikinya. Kecerdasan naturalis mampu memahami tingkah binatang, mencintai lingkungan, dan menyukai aktivitas outdoor di alam. Pekerjaan yang cocok untuk kecerdasan naturalis adalah petani, nelayan, pemburu, dan pendaki gunung.

Kecerdasan Kinetik


Kecerdasan kinetic mampu mengekspresikan gagasan dan perasaan dengan baik melalui perasaan. Orang yang memiliki Kecerdasan kinetik biasanya gemar berolahraga. Profesi yang cocok untuk orang yang memiliki kecerdasan kenetik adalah atlel, pengrajin, dan penjahit.

Kecerdasan Visual


Kecerdasan visual yaitu seseorang mampu memahami ruang, peka terhadap visual, memahami semua warna, bentuk, garis. Kecerdasan ini seseorang mampu membuat idenya menjadi sebuah bentuk gambar dan lukisan. Pekerjaan yang biasa di milki orang yang mempunyai kecerdasaan visual ini adalah sebagai arsitek, photographer, pilot, dan insinyur.

Jadi orang yang tidak mempunyai IQ tinggi bukan berarti mereka tidak cerdas, tetapi mereka mempunyai kecerdasan lain yang dimilkinya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang kecerdasan dan memberitahukannya kepada orang lain. terimakasih atas kunjungannya

0 Response to "Mengenal Kecerdasan Manusia Selain IQ"

Post a Comment